JMDN logo

Pelaku UMKM Harus Miliki Situs Web Agar Tidak Bergantung di Lokapasar

📍 UMKM
28 Agustus 2025
28 views
Pelaku UMKM Harus Miliki Situs Web Agar Tidak Bergantung di Lokapasar

Tangerang, 28/8 (ANTARA) - Konsultan sekaligus digital marketing strategist Andry Salim menyarankan kepada pelaku UMKM di Indonesia tidak boleh terus bergantung pada platform lokapasar (market place) namun harus memiliki infrastruktur digital sendiri seperti situs web atau landing page untuk membangun identitas dan kemandirian.


“Jangan tergantung terus dengan market place. Kita harus siapkan web atau landing page. Itu penting sebagai rumah utama brand kita di dunia digital,” kata Andry Salim dalam keterangannya di Tangerang Kamis.


Market place memang bisa mendatangkan traffic, tetapi posisi UMKM di dalamnya sangat bergantung pada algoritma dan kebijakan platform yang setiap saat bisa berubah, katanya, menjelaskan. 


Sedangkan situs web atau landing page milik sendiri membuat pelaku usaha memiliki kontrol penuh terhadap branding, data konsumen, hingga strategi promosi.


“Kalau hanya mengandalkan market place, UMKM seperti menumpang di rumah orang. Tapi kalau punya website, mereka punya rumah sendiri, yang bisa dikembangkan sesuai kebutuhan bisnis jangka panjang,” katanya.


Sementara itu, Kepala Program Studi Komunikasi Digital dan Media Sekolah Vokasi IPB University Hudi Santoso mengatakan kepemilikan situs web atau landing page akan lebih efektif jika diimbangi dengan pengetahuan komunikasi digital yang tepat, baik dalam hal story telling, konten visual, maupun interaksi dengan pelanggan.


Website tidak hanya soal teknologi, tapi juga komunikasi. Bagaimana UMKM menceritakan produk mereka, menampilkan deskripsi yang meyakinkan, serta memastikan konsumen bisa dengan mudah berinteraksi,” ujar Hudi.


Pengurus DPP Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Hans Harischandra Tanuraharjo mengatakan market place tetap penting, tapi jangan jadi satu-satunya tumpuan. UMKM yang mandiri secara digital akan lebih siap bermitra dengan ritel modern.


"Dengan adanya penguatan fundamental melalui kepemilikan website dan pemahaman komunikasi digital, diharapkan UMKM Indonesia bisa semakin kokoh menghadapi persaingan global dan tidak lagi hanya menjadi penonton dalam arus transformasi digital," katanya. (ANTARA/Achmad Irfan)

📬 Berlangganan Newsletter

Dapatkan berita terbaru seputar desa langsung ke email Anda.

Berita Populer

Berita Populer